Cara Alami Mengatasi Nyeri Saat Haid

Berkah Walatra Herbal | ArtikelCara Alami Mengatasi Nyeri Saat Haid

Nyeri saat haid (dismenore) mengganggu aktivitas Anda? Ikuti cara alami & ampuh berikut ini untuk mengatasi nyeri saat haid

Apa Itu Dismenore?

Cara Alami Mengatasi Nyeri Saat HaidNyeri haid atau dalam bahasa medis disebut dismenore atau dysmenorrhea merupakan kondisi nyeri kram pada bagian bawah perut saat siklus menstruasi. Dismenore memang umum sekali terjadi pada sebagian besar wanita. Biasanya dismenore terjadi sebelum atau saat periode menstruasi. Rasa nyeri saat haid ini dapat mengganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman sehingga mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Namun diketahui jika nyeri haid berat yang dirasakan di masa menstruasi atau nyeri menetap dan semakin berat setelah menstruasi dapat menandakan adanya penyakit atau kondisi tertentu.

Penyebab Dismenore

Dismenore disebabkan oleh terjadinya kontraksi halus pada otot dinding rahim yang umumnya tidak terasa. Namun pada masa menstruasi, kontraksi ini akan menjadi semakin kencang sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi tersebut menyebabkan penekanan pada pembuluh darah yang mengelilingi rahim sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen pada rahim. Ketiadaan oksigen inilah yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri. Namun selain disebabkan oleh hal tersebut, nyeri saat haid juga dapat dipicu oleh kondisi penyakit tertentu seperti :

Cara Alami Mengatasi Nyeri Saat Haid

  1. Endometriosis. Jaringan yang tersambung dengan rahim menjadi menempel dengan bagian luar rahim, biasanya pada tuba falopi, indung telur atau pelvis.
  2. Radang panggul. Infeksi yang bisa mengakibatkan peradangan atau inflamasi pada rahim, ovarium, dan tuba falopi.
  3. Adenomiosis. Jaringan lapisan paling dalam rahim mulai tumbuh ke dalam dinding otot rahim, sehingga menimbulkan nyeri saat haid.
  4. Pelvic inflammation disease (PID). Bakteri menular seksual dapat menyebabkan infeksi pada organ reproduksi wanita.
  5. Fibroid. Tumor yang tidak bersifat kanker di dalam rahim dan dapat membuat menstruasi Anda terasa menyakitkan.

Gejala Dismenore

Gejala dan ciri-ciri yang umum dari dismenore adalah :

  • Nyeri pada perut bagian bawah, kadang terasa intens
  • Terasa ada tekanan pada perut
  • Nyeri pada pinggang, punggung bawah, atau bagian dalam paha
  • Mual dan muntah
  • Feses yang cair
  • Pusing dan sakit kepala
  • Emosi tidak terkendali.

Nyeri haid tidak bisa dianggap sepele. Anda harus segera periksakan diri ke dokter jika terjadi perdarahan berlebihan, periode menstruasi lebih lama dari biasanya, disertai demam, terdapat keputihan yang tidak normal, nyeri timbul tiba-tiba dan terasa intens pada panggul, serta adanya tanda-tanda infeksi seperti demam atau menggigil dan nyeri tubuh saat menstruasi.

Berikut Ini Cara Alami Mengatasi Nyeri Saat Haid :

  • Mengatur Posisi

Gambar terkait

Cara pertama dan paling mudah untuk mengatasi rasa nyeri saat haid adalah dengan memilih atau merubah posisi tubuh untuk memperlancar aliran darah agar rasa nyeri sedikit berkurang. Anda dapat berbaring, menaruh bantal dibawah lutut dan angkat kedua kaki. Atau Anda juga dapat menyamping dengan siku di dada atau posisi seperti bayi dalam kandungan. Cara ini juga dapat membantu meredakan nyeri punggung saat haid.

  • Ubah Pola Makan

Hasil gambar untuk kacang almond

Diet rendah lemak jenuh dan perbanyak asupan sayuran dipercaya dapat membantu mengurangi kram otot dan otot tegang pada masa menstruasi. Lemak sehat dapat Anda temukan pada ikan, kacang-kacangan seperti kacang almond, dan minyak zaitun. Selain itu makanan yang kaya akan kandungan magnesium seperti batam juga dapat membantu Anda meringankan rasa sakit. Sedangkan makanan yang perlu Anda hindari saat mengalami dismenore adalah makanan bersoda, berlemak, kafein, alkohol, dan makanan asin.

  • Konsumsi Obat Pereda Nyeri Haid

Hasil gambar untuk obat pereda nyeri haid

Mengkonsumsi obat pereda haid dapat menjadi salah satu pilihan cara mengatasi rasa nyeri saat haid. Namun Anda jangan asal mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri, sebaiknya perhatikan komposisi dan kandungan dalam obat tersebut. Beberapa jenis obat-obatan yang bisa mengatasi nyeri saat haid adalah:

  1. Obat anti inflamasi non steroid. Jenis obat ini biasanya dapat diperoleh secara bebas di toko-toko obat. Jenis obat-obatan yang termasuk ke dalam obat anti inflamasi non steroid adalah aspirin dan juga ibuprofen. Untuk mengkonsumsi dalam jumlah dosis yang tepat, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau membaca aturan pemakaian obat.
  2. Obat penghilang rasa sakit yang lain yang bisa Anda konsumsi adalah paracetamol. Paracetamol bisa Anda dapatkan secara bebas di toko-toko obat di sekitar Anda. Selain mudah diperoleh, paracetamol juga memberikan efek samping yang relatif sedikit dibandingkan jenis obat-obatan pereda nyeri lainnya. selain paracetamol, Anda juga bisa mengkonsumsi jenis obat kodein. Untuk mengkonsumsi obat jenis ini sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  • Mengompres Perut

Hasil gambar untuk mengompres perut

Melakukan relaksasi juga dapat membantu memberikan rasa nyaman sekaligus mengurangi rasa nyeri dibagian perut bawah saat haid. Salah satu metode sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengompres perut bagian bawah atau yang terasa sakit dengan menggunakan handuk hangat. Bila perlu, kompres perut disertai dengan pijatan ringan. Metode ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan membuat otot di area perut lebih rilex sehingga rasa nyeri akan berkurang.

  • Menggunakan Kunyit Asam

Hasil gambar untuk kunyit asam

Meredakan rasa nyeri saat haid juga dapat Anda lakukan dengan membuat ramuan tradisional dari kunyit asam. Kunyit sendiri dipercayai sebagai obat herbal yang memiliki kandungan anti-inflamasi yang mampu mengurangi rasa sakit. Untuk meredakan rasa sakit saat haid, Anda dapat mengkonsumsi air perasan kunyit asam ini sebelum ataupun saat siklus menstruasi berlangsung. Selain dapat meredakan rasa nyeri, kunyit asam juga dapat membantu memperlancar aliran darah saat menstruasi.

  • Olahraga Ringan

Hasil gambar untuk pakaian nyaman untuk nyeri haid

Masa menstruasi jangan dijadikan alasan untuk Anda tidak berolahraga. Kurang berolahraga ternyata juga dapat menjadi salah satu pemicu nyeri saat haid. Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging. Olahraga jogging akan meningkatkan denyut jantung dan melancarkan aliran darah sehingga suplai darah dan oksigen kedalam rahim menjadi lebih lancar. Kondisi itulah yang akan memberikan rasa nyaman pada area perut. Selain jogging, Anda juga bisa melakukan yoga. Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang berguna untuk mengatur pernapasan sekaligus memberikan relaksasi kepada tubuh. Jadi selain rasa rileks, Anda juga dapat meningkatkan kelancaran aliran darah.

  • Minum Air Hangat

Gambar terkait

Jangan biarkan kebutuhan tubuh akan cairan saat siklus menstruasi tidak Anda penuhi. Karna, saat menstruasi tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan dari biasanya. Untuk memberikan rasa nyaman pada tubuh dan perut Anda, sebaiknya Anda mengkonsumsi air hangat. Air hangat tidak hanya akan memenuhi kebutuhan cairan saja, air hangat juga dapat membantu melancarkan aliran darah untuk mengurangi rasa nyeri saat haid.

Baca juga : Obat Alami Nyeri Haid (Dismenore)


#KETAHUI

Selain dengan melakukan cara alami diatas, nyeri haid atau dismenore juga dapat ditangani dengan Obat Alami Nyeri Haid (Dismenore). Penggunaan Obat Alami ini diketahui lebih efektif sebagai alternatif mengatasi rasa nyeri saat haid. Selain itu, obat yang terbuat dari bahan alami ini akan sangat aman dikonsumsi karena tidak disertai bahan kimia sedikitpun sehingga tidak akan menimbulkan efek samping bagi penggunanya.

Untuk Mendapatkan Informasi Lengkap Mengenai Obat Alami Nyeri Haid (Dismenore)

Atau pesan langsung Obat Alami Nyeri Haid (Dismenore) :

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Berkah Walatra Herbal  
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0821 2818 6997 (Tlp/SMS) – 5D55CD3A (BBM)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *